Teknik pembelajaran membaca puisi indah di sekolah masih menggunakan teknik konvensional dimana guru masih mencontohkan dan menjelaskan saja siswa hanya menyimak tanpa adanya praktik untuk membaca puisi. Permasalahan yang ada adalah kemampuan membaca puisi yang masih rendah dan kurangnya minat siswa dalam membaca puisi maka guru harus membuat rancangan pembelajaran membaca puisi dengan metode baru untuk mengatasinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat perancangan pembelajaran membaca puisi indah dengan metode role playing dan media audio dalam pembelajaran di kelas agar menjadi kreatif dalam kemampuan membaca puisi. Terkait hal tersebut maka penulis membuat RPP dengan metode role playing dan media audio dengan harapan untuk kedepannya agar siswa kreatif dan aktif dalam membaca puisi indah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menjabarkan data yang diperoleh dari responden melalui kuesioner yang sudah di sebarkan melalui google form. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan bahwa responden menilai baik dalam rancangan pembelajaran yang telah di buat tetapi belum efektif untuk pembelajaran membaca puisi dikarenakan adanya pandemik covid-19.
Hasil kesimpulan yang berkaitan maka peneliti merancang pembelajaran membaca puisi indah dengan menggunakan metode Role Playing dan media audio dengan adanya perancangan pembelajaran (RPP) metode baru agar anak-anak dapat tertarik, lebih aktif, dan belajar lebih percaya diri mengenai perancangan pembelajaran ini bisa diterapkan bila sarana dan prasarana disekolah mendukung.